Cara Memilih Kamera Mirrorless


Memang kebutuhan akan fotografi pada saat ini sudah menjadi hal yang wajib untuk setiap orang, entah itu untuk sekedar ber-selfi, mengabadikan momen dengan pacar, keluarga, dan mengabadikan hal yang sangat berkesan bagi setiap orang. Pada saat ini memang kamera sudah banyak di pasaran, entah itu kamera dari ponsel, kamera poket, kamera DSLR, dan juga kamera mirrorless.

Tapi dengan banyaknya kamera di pasaran sering kali membuat kita bingung mau beli yang mana, dan apakah itu sesuai dengan kebutuhan kita (terutama pada bajet yang kita miliki). Banyak yang menginginkan kamera yang bagus dengan harga yang ramah dikantong, dan banyak pertanyaan kamera yang bagus tapi tetap dengan harga yang terjangkau tapi bisa setara dengan hasil jepretan kamera DSLR (Memang yang terbaik antara kamera adalah versi DLSR).

Menjawab kebutuhan kamera yang murah saya memberikan rekomendasi buat kalian yang ingin memiliki kamera yang murah, pilihan yang baik adalah kamera mirrorless.

Kamera mirrorless sendiri adalah kamera jalan tengan yang bisa menjadi referensi daftar kamera kalian, kenapa saya mengatakan hal tersebut? karena kamera mirrorless memiliki beberapa karakteristik yang sangat bagus. Berikut karakteristik yang saya maksudkan :
  1. Ukuran yang ringkas dan juga kecil.
  2. Segi bobot yang ringan.
  3. Dari segi kualitas tidak jauh dengan hasil kamera DSLR
  4. Dari segi sensor kamera mirrorless setara dengan kamera DSLR kelas medium
  5. Harga yang disajikan sangat ramah dikantong, berbeda dengan DSLR yang harganya lumayan menguras kantong.
Kamera mirrorless selain murah hasil jepretannya pun setara dengan DSLR, nah kamera mirrorless sediri banyak pilihan lho. Dari yang kelas bawah, menengah, dan yang prefesional. Maka dari itu ada pertanyaan yang keluar dari kepala cara memilih kamera mirrorless yang bagus bagaimana? nah mari saya akan membahasnya untuk kalian.

Apa itu kamera mirrorless?

Sesuai dengan julukan yang diberikan untuk kamera mirrorless adalah “Tanpa cermin” kamera mirrorless adalah kembaran DSLR yang tanpa adanya fitur pemantul cahaya (MirrorBox). Tanpa adanya mirrorbox tersebut maka ukuran kamera mirrorless ini bisa terlihat lebih menciut dan ramping, dan fungsi dari Mirrorbox tersebut adalah untuk membelokan cahaya dari lensa ke jendela bidik optis. Dengan tetap mempertahankan segi kualitas tangkapan pada gambar kamera mirrorless ini pun bisa kita ganti lensanya.

Terus dari segi kelebihannya apa saja?
kelebihan kamera mirroless
Adapun beberapa kelebihan  kamera mirrorless tersebut, dan kelebihan pada kamera ini akan membuat kalian berfikir lebih keras untuk memiliki kamera yang murah dengan kualitas terbaik. Apasaja kelebihannya? mari simak tulisan dibawab ini :

  • Lensa

Kelebihan pertama adalah kamera mirrorless ini tidak memiliki cermin yang berayun menutup dan membuka, oleh karena itulah kamera mirrorless lebih sunyi dari kamera DSLR. Bukan sampai disitu saja, kalian juga bisa meminimalisir terjadinya guncangan pada saat kalian mengambil gambar. Dari hal tersebutlah kamera mirrorless tersebut menjadi lebih murah dan juga dari segi perakitan yang mudah lain dengan DSLR yang harus lebih teliti setiap pemasangan bagiannya.

  • Tehnologi live preview

kamera mirrorless sendiri tidak dibekali dengan fitur view finder seperti kamera DSLR, sehingga ketika kalian melihat objek pada gambar kalian harus menggunakan LCD secara langsung untuk melihat objek yang akan kalian foto. Tetapi hasil yang akan kalian dapatkan sama dengan yang tampil pada LCD kamera mirrorless tersebut tanpa pengurangan yang berarti.

  • Tampil dengan design minimalis, dan ringan

Seperti yang kalian ketahui bahwa kamera DSLR yang berat sering kali mebuat kita terganggu, tapi pada kamera mirrorless hal tersebut tidak lagi berarti karena kamera mirrorless sendiri mengusung design yang minimalis dan dari segi bobot sangat ringan.

  • Desain hampir sama dengan DSLR

Desain yang ditampilkan oleh kamera mirrorless ini hapir sama dengan DSLR, hal inilah yang membuat kamera mirrorless sangat luar biasa terutama bagi kalian yang menginginkan desain yang lebih kokoh dengan fitur yang tidak akan kalah hebatnya.

  • Tersedia aksesoris dan lensa beragam

Walaupun dengan harga yang ramah dikantong tetapi dari segi aksesoris dan lensa kamera mirrorless ini tidak kalah dengan kamera DSLR. Bukan sampai disana saja, kita juga disuguhkan dengan adanya adaptor yang fungsinya untuk menghubungkan kamera mirrorless dengan lensa jenis yang berbeda.

  • Memakai Elektronik view finder

Fitur Elektronik view finder yang memiliki kekuatan yang besar dari kamera mirrorless tersebut, Elektronik view finder adalah fitur yang lebih tinggi dari (OVF), kelebihan dari hal tersebut adalah dari segi tampilan yang sama antara LCD dan EVF tersebut, yang menjadikan apa yang kalian lihat pada LCD sama dengan hasil yang disajikan oleh lensa kalian.

  • Perekaman yang lebih baik dari DSLR

Testimoni tersebut sudah diberikan oleh banyak pengguna kamera mirrorless diluaran sana lho, jadi bukan lagi omong kosong untuk membuat agar kamera mirrorless terlihat lebih baik dari DSLR ya!. Apabila kalian kurang percaya bisa kalian buktikan, hasil dari rekaman video kamera mirrorless setara dengan video DSLR kelas pemula.

  • Harga yang bersahabat

Pada pembahasan diatas saya juga sudah mengatakan bahwa kamera mirrorless ini dibandrol dengan harga yang lumayan murah tetapi ingat fitur yang diberikan bukan berarti murahan juga. Untuk segi kecanggihan sudah cukup untuk menutupi harga yang ramah dikantong tersebut.

Banyak kelebihan yang disajikan kamera mirrorless tersebut bukan? Nah tidak afdol jika kita tidak masuk kepembahansan tentang kekurangan dari kamera mirrorless tersebut. Apasaja kekurangan dari kamera mirrorless tersebut? mari simak baik-baik tulisan dibawah ini :

kekurangan dari kamera mirrorless :
kekurangan kamera mirroless
Sebuah produk pasti memiliki kekurangan, dan kekurangan itu semoga bisa diperbaiki oleh vendor yang mendukung penuh produk yang mereka keluarkan tersebut. Tidak terkecuali juga dengan kamera mirrorless, adapun beberapa kekurangan kamera mirrorless yang dirasa membuat jenuh kita sebagai pengguna. Mari lihat ulasan dibawah ini

  • Pegangan yang kurang nyaman

Dari segi pegangan memang kurang pas pada saat pengambilan gambar, berbeda dengan kamera DSLR yang sangat pas dan terasa nyaman saat digenggam. Memang terlihat wajar dari kamera mirrorless yang memang mengusung desain minimalis, tapi sepertinya akan lebih nyaman jika kalian menggunakan kamera mirrorless yang memiliki bentuk yang menyerupai DSLR yang sudah saya bahas diatas.

  • Bobot yang ringan memiliki pengaruh buruk

Dengan bobot yang ringan ada indikasi ketakutan ketika kita hendak membawa kamera mirrorless untuk berpergian ke daerah yang tekanan anginnya cukup kencang, pasalnya ketika kita mengambil gambar dan hendak menggunakan tripod dan kita tinggal resiko terjatuh lebih besar ketimbang kamera DSLR. Kita tidak inginkan resiko jatuh dari atas gunung terjadi, atau hal yang lain terjadi.

  • Mode continues yang masih kuno

Karena kamera mirrorless masing berpatokan dengan vitur cotrast detect yang menyebabkan lemahnya pada saat kita mengambil sebuah objek foto dan sepertinya kamera mirrorless ini tidak ada kecocokan apabila kita pasangkan dengan lensa yang mengandalkan fitur continious.

  • Red dot patterns

Pada saat pengambilan gambar saat terkena matahari langsung terlihat hasilnya akan buruk, penyebab utama hal tersebut terjadi kemungkinan karena part internal pada kamera mirrorless sangat dekat.

  • EVF masih tergolong lambat

Fitur EVF dipasaran pada saat ini memang masing tergolong lambat, hal tersebutlah yang menyebabkan kamera mirrorless ini masih kurang baik saat penangkapan sebuah objek gambar yang kita inginkan.

Itulah beberapa kekurangan yang ada pada kamera mirrorless yang dapat saya jabarkan, apabila dirasa kurang bisa kalian cari kekurangan dan kelebihan kamera mirrorless.

Setelah panjang lebar tentang pembahasan kamera mirrorless, inilah saatnya saya akan membagikan tips cara memilih kamera mirrorless yang bagus. Hendaknya kalian baca dengan teliti dan jangan sampai terlewatkan satu katapun, agar tidak ada lagi pertannyaan yang membuat kalian bingung.

cara memilih kamera mirrorless :
cara memilih kamera mirroless
Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui sebelum membeli kamera mirrorless, maksudnya agar kalian tidak salah pilih dan akhirnya menyesal setelah kalian membelinya.

  • Kenali segmen kamera

Setiap produk yang ada dipasaran pastinya memiliki banyak varian segmen, mulai dari entry level sampai yang pro, hal itu diperlukan untuk mempersempit spesifikasi dan juga harga yang kiranya sesuai dengan keinginan kita. Apalagi penggunaan kamera mirrorless ini terbilang masih minim pengetahuan (Awam dalam  kamera mirrorless).

Nah apabila kalian masih tergolong pemain pemula, pilihan kamera mirrorless yang cocok adalah kamera mirrorless yang spesifikasinya pas bagi pengguna pemula. Spesifikasi yang akan disuguhkan jika memilih kamera mirrorless bagi pemula akan menyesuaikan dengan tipe pengguna dan juga harga. Jadi baiknya kalian memulai dengan harga yang murah dan spesfikasi yang mudah dulu, karena kita tahu yang pro pasti harganya lebih mahal.

  • Pilihan lensa

Ketika kita membeli kamera mirrorless akan diberikan dua option, yang pertama adalah Body only dan Kamera serta lensa dalam satu paket. kamera mirrorless memang bisa diganti lensanya, dari situlah kalian akan lebih sulit untuk menentukan lensa yang cocok untuk kebutuhan kalian, fungsinyapun berbeda-beda. Ada yang untuk mengambil objek jarak dekat dan jarak jauh adapula lensa dengan detail yang tajam.

Jika budget Anda terbatas, lensa terjangkau dapat Anda beli dari Samsung. Namun, apabila Anda tak masalah merogoh kocek lebih untuk lensar, Anda dapat membeli merek-merek seperti Canon, Fujifilm, atau Nikon.

  • Ukuran kamera

Saya sudah memberikan penjelasan diatas apabila kamera mirrorless ini hampir sama dengan kamera DSLR tapi hanya saja dari segi bobot kamera mirrorless lebih ringan. Jadi apabila kalian ingin memiliki kamera mirrorless bisa juga Panasonic GF7, Lumix GX8, Fujifilm X-T10, dan Olympus OM-D E-M5 dijadikan referensi untuk kamera yang bobotnya ringan.

  • Fitu yang wajib

Fitur pada kamera mirrorless jangan sampai kalian melewatkannya, karena vitur yang disajikan sama seperti makanan yang pastinya kalian tidak ingin membeli makanan yang tidak enak bukan? Nah jadi coba kalian perhitungkan fitur yang di sajikan dari kamera mirrorless yang hendak kalian beli.

Adapun fitur yang saya maksudkan adalah Autofokus cepat dan burst yang mampu menangkap momen tertentu, sensor kamera minimal 4/3, hingga shutter speed yang dapat menangkap gambar berkualitas, baik saat malam atau pencahayaan gelap.

  • Fitur tambahan

Fitur tambahan yang poin ini memang tidak terlalu dibutuhkan, tapi siapa tau kalian juga bisa merasakan kelebihan dari fitur tambahan tersebut. Beberapa fitur tambahan yang sering tersemat di
kamera mirrorless adalah fitur Bluetooth dan juga Wi-Fi. Fitur tersebut bisa membantu kalian pada saat ingin membagikan langsung hasil jepretan kalian, entah itu langsung ke sosial media, atau memindahkannya ke ponsel kesayangan kalian.

Tidak sebatas fitur diatas saja, kamera mirrorless keluaran terbaru untuk sekarang sudah dibekali dengan layar LCD yang bisa kita putar untuk berselfie ria dan tidak lupa fitur underwaternya.

Wah tidak terasa ya tulisan yang saya buat panjang sekali. Pembahasannnya saya rasa sudah jelas sampai disini, apabila kalian ada pertanyaan lain bisa lontarkan pada kolom komentar ya. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung di blog saya.

cara memilih kamera mirrorless - Acang Mochilla

0 Response to "Cara Memilih Kamera Mirrorless"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Diskripsi Blog